Harga dan Supply Bahan Kaos Mengalami Perubahan  Industry Kreatif Terganggu

Para pelaku usaha tekstil khususnya bahan kaos mengalami kesulitan dalam menjalankan usaha saat ini. Penyebabnya karena harga yang tidak stabil, sehingga membuat pelaku usaha mengalami dalam menentukan harga jual produk akhir nantinya.

Supply bahan kaos dari pabrik ke pasar sekarang juga mengalami permasalahan yang cukup signifikan berkurangnya pasokan ke pasar, hal ini di sebabkan oleh beberapa faktor antara lain pemeriksaan Amdal oleh pihak terkait yang berhubungan dengan limbah pabrik. semua pabrik menurunkan produksinya karena regulasi baru dari pemerintah yang membuat semua pabrik berbenah diri atau memilih untuk menghentikan produksinya.

Disamping itu di perparah lagi oleh susahnya mendapatkan bahan kimia untuk mencelup kain kain mentah, karena bahan kimia tersebut mahal dan berkurang juga pasokan kepasar dari produsen saat ini. serta kurs dollar US yang selalu naik sehingga pabrik kain kain kaos kesulitan mendapatkan benang untuk produksi. produsen lebih memilih untuk mengekport benangnya daripada menjual lokal.

Harga bahan kaos sekarang jadi naik hampir 30% dari harga th 2017, akibatnya barang jadi tidak laku dan banyak pelaku usaha untuk pilih tutup,dan beralih keusaha yang lain. kondisi seperti ini sudah berlansung hampir 6 bulan, akibatnya roda perekonomian masyarakat pelaku usaha konveksi jadi morat marit.

Kami berharap harga dapat turun kembali sehingga penggangguran bisa dikurangi dan masyarakat pelaku usaha kain dan turunannya bisa mengerakan ekonomi dalam membantu pemerintah dalam mengentaskan  kemiskinan di tanah air. Semua pelaku industri kreaktif mencoba mencari solusi dalam mengatasi permasalahan dalam supply bahan dan harga yang berubah ubah setiap minggu,

Dalam tahun politik sekarang ada event besar pemilihan anggota legislatif dan presiden, pelaku usaha berharap order akan turun banyak sehingga roda perekonomian bisa bergerak kembali, harga kain kain kaos diharapkan bisa normal kembali.

Leave a reply